Selasa, 18 Mei 2021,


warga-jabung-boyong-lansia-ke-rsud-sleman-untuk-divaksinLansia warga Dusun Jabung, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, sedang menjalani vaksin pencegah Covid-19 di RSUD Sleman, Rabu (14/4/2021). (istimewa)


Nila Hastuti
Warga Jabung Boyong Lansia ke RSUD Sleman untuk Divaksin

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Dusun Jabung, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Slema, layak menjadi contoh bagaimana masyarakat suatu dusun sederhana bergotong royong melawan wabah Covid-19. Selain melaksanakan berbagai program protokol kesehatan berbasis masyarakat secara disiplin di tingkat dusun, warga Jabung membuat kejutan dengan memboyong para lansia di dusun mereka ke RSUD Sleman untuk menjalani vaksinasi Covid-19 bersama.


Hal tersebut disampaikan oleh Direktur RSUD Sleman, dr Cahya Purnama M.Kes, Rabu (14/4/2021).


Menurut Cahya, warga Jabung mengajak lansia ke RSUD Sleman karena tidak semua lansia dapat mengakses internet. Warga Jabung mengawali langkah kreatif mereka dengan melakukan edukasi tentang vaksinasi, kemudian mendata dan mendaftarkan lansia di Dusun Jabung secara kolektif.

"Setelah informasi jadwal vaksinasi di RSUD Sleman didapatkan, mereka kemudian menghubungi para lansia agar bersiap," tutur Cahya.


Berhubung tidak semua lansia memiliki keluarga yang dapat mengantarkan mereka ke RSUD Sleman, sehingga warga Jabung kemudian menyiapkan transport dan tim pendamping bagi para lansia.


"Para lansia yang mengalami kesulitan, dibimbing oleh tim pendamping dari dusun saat menjalani prosedur pendaftaran ulang, pemeriksaan kesehatan hingga vaksinasi selesai," katanya.


Cahya mengungkapkan, untuk menghormati inisiatif warga dalam melestarikan budaya gotong royong dan membantu para lansia, RSUD Sleman menyiapkan penjadwalan khusus bagi vaksinasi Covid-19 lansia yang dikoordinir secara kolektif oleh warga. Dengan penjadwalan vaksinasi khusus tersebut diharapkan seluruh lansia dapat turut serta dalam vaksinasi dan lebih nyaman menjalani vaksinasi bersama sesama warga. Hubungi PKRS RSUD Sleman untuk penjadwalan vaksinasi khusus tersebut.

"Dengan vaksinasi bersama yang dikoordinir secara mandiri oleh warga, seluruh lansia dusun Jabung yang memenuhi syarat dapat menerima vaksinasi. Prosedur vaksinasi lebih lancar berkat tim pendamping dari warga Jabung yang membantu para lansia. Lansia juga lebih nyaman menjalani vaksinasi karena ditemani orang-orang yang akrab dalam keseharian mereka," pungkas Cahya. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini