Jumat, 03 Des 2021,


wisata-gunungkidul-berlakukan-ganjil-genapPetugas melakukan pengawasan setiap kendaraan yang menuju kawasan wisata Gunungkidul pada pemberlakukan ketentuan ganjil-genap.(sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono
Wisata Gunungkidul Berlakukan Ganjil Genap

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Berbagai objek wisata di Gunungkidul telah dibuka. Hanya saja, semua pengunjung wisata di daerah ini diberlakukan ganjil-genap. Agar tidak kecewa dan diputar balik petugas, maka nomor plat kendaraan yang digunakan wisatawan, harus sesuai dengan tanggal saat berwisata.


“Jika berwisata di tanggal genap, maka angka terakhir pada nomor plat kendaraan, juga harus genap. Begitu juga pada saat tanggal ganjil, juga menyesuaikan,” kata AKP Martinus Sakti, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, Senin (25/10/2021). Jika ketentuan ini dilanggar, maka pihaknya akan menindak tegas, dengan memutar balik kendaraan yang membawa wisatawan tersebut.


Sebagaimana pada Sabtu (23/10/2021) dan Minggu (24/10/2021) ada 123 kendaraan yang diputar balik arah. "Seluruhnya merupakan bus wisata dan kendaraan roda empat atau mobil pribadi," kata Martinus. Adapun pada Sabtu lalu, terdapat 51 bus wisata dan 23 mobil pribadi yang terjaring pemeriksaan. Hari itu, sebanyak 20 unit bus dan 7 unit mobil pribadi diputar balik arah oleh petugas.

Kemudian pada Minggu kemarin, jumlah kendaraan yang terjaring pemeriksaan meningkat jadi 163 bus wisata dan 87 mobil pribadi. Sebanyak 73 bus dan 23 mobil pribadi diputar balik arah. Martinus mengaku masih banyak pengendara dan wisatawan yang belum memahami aturan ganjil-genap ini. Menurutnya ini lebih dikarenakan penerapannya baru pertama kali dilakukan. "Ada juga yang sebenarnya sudah tahu, tapi tetap berupaya masuk dan akhirnya diputar balik petugas," ungkapnya.


AKP Martinus mengatakan, untuk menghindari antrian pada pintu masuk retribusi, maka kendaraan besar seperti bus maupun minibus termasuk mobil pribadi akan ada tiga titik pengecekkan. Ketiganya yakni di Rest Area Bunder, Terminal Dhaksinarga Selang dan Terminal Semin. Pengecekkan di tiga titik itu akan dilakukan melekat selama 24 jam.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono menerangkan, antusiasme para wisatawan untuk berkunjung di Gunungkidul memang sangat tinggi. Terbukti pada akhir pekan ini, jumlah wisatawan yang masuk ke Gunungkidul sangat tinggi. Total ada hampir 18.000 wisatawan yang masuk ke Gunungkidul

Ia beberkan lebih lanjut, pada Sabtu (23/10/2021) kemarin tercatat ada 5.608 wisatawan masuk ke Gunungkidul. Peningkatan pesat kemudian terjadi pada Minggu (24/10/2021) di mana ada 12.326 wisatawan yang berkunjung.

Menurut dia, dari belasan ribu wisatawan ini, sebagian besar masuk ke kawasan pantai selatan. Ia memperkirakan, pada beberapa waktu ke depan, kunjungan akan semakin meningkat. Hal ini lantaran memang obyek wisata Gunungkidul sendiri memang baru tahap awal pembukaan. “Ada sejumlah wisatawan yang kami tolak untuk masuk. Selain karena ganjil genap, ada beberapa yang karena belum divaksin,” tandasnya.(*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini